Program Studi Magister PBA Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin Laksanakan Pengabdian Masyarakat di STIQ Rakha Amuntai

Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh Program Studi Magister PBA Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin dengan tema “Academic Writing dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Acara ini berlangsung di STIQ Amuntai mulai pukul 14.00 Wita hingga selesai.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ahmad Munawwar dari Prodi PBA

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai, H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta dan menekankan harapan besar agar para lulusan S1 Pendidikan Bahasa Arab dapat melanjutkan studi mereka ke jenjang S2 di UIN Antasari Banjarmasin. “Kami berharap mahasiswa yang lulus S1 Pendidikan Bahasa Arab bisa melanjutkan S2 ke UIN Antasari Banjarmasin,” ujarnya.

H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM. Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai

Dr. Hj. Noor Maulidiyah, MA, Ketua Program Studi Magister PBA dan juga dosen Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, menjadi narasumber utama dalam acara ini. Beliau memberikan materi yang sangat bermanfaat mengenai penulisan akademik dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab, menekankan pentingnya kemampuan menulis yang baik dan benar bagi para mahasiswa. Narasumber kedua di sampaikan oleh muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I (Dosen STIQ Rakha Amuntai) yang membahas tentang orisinalitas Wahyu & Bahasa Arab. Acara ini juga dihadiri oleh Hj. Siti Rafiqah, SQ, M.Pd.I. Ketua PPTQ (Pusat Pengembangan Tahfidz Qur’an) STIQ Rakha Amuntai.

Dr. Hj. Noor Maulidiyah, MA, Ketua Program Studi Magister PBA UIN Antasari Banjarmasin

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UIN Antasari Banjarmasin untuk terus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas akademik dan profesional para mahasiswa, khususnya dalam bidang Bahasa Arab. Para peserta yang hadir menunjukkan antusiasme yang tinggi dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Ustadz Muhammad Syihabuddin.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan akan semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta mampu mengaplikasikan keterampilan menulis akademik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab.

About the Author

arsyad

Staf Bagian Informasi