Sejarah Singkat

Pengantar Matan Jazary bersama Syekh Samsul Fajeri, Lc.,MA

Menjadi seorang tenaga pendidik sejatinya tidak hanya tentang tampil di hadapan para peserta didik, akan tetapi tenaga pendidik juga perlu memerhatikan kualitas keilmuan mereka, karena hal tersebutlah yang nantinya akan disampaikan kepada peserta didik. Jika seorang tenaga pendidik tidak memahami secara tepat materi yang akan mereka ajarkan, maka tujuan dari pembelajaran tersebut tentu tidak akan tercapai dengan maksimal. Oleh sebab itu tenaga pendidik dituntut untuk terus meningkatkan dan memperbaharui kualitas keilmuan mereka.

Nyatanya hal tersebut telah dipraktikkan oleh tenaga pengajar kegiatan Tahsin, Tahfizh, dan Amaliyah Keagamaan SMP dari STIQ Rakha Amuntai, yang mana di samping mengajar mereka juga terus meningkatkan kualitas keilmuan mereka dengan senantiasa mengikuti berbagai program pelatihan, salah satunya adalah pada kegiatan ini yang membahas tentang Matan Jazary. Matan Jazary sendiri adalah sebuah pengantar terkait apa saja yang wajib diketahui oleh pembaca Alquran. Tentu sebagai tenaga pendidik yang akan mengajarkan ilmu Alquran kepada peserta didik, perlu adanya penguasaan terhadap dasar-dasar dalam membaca Alquran.

Kegiatan ini diisi oleh syekh Samsul Fajeri, Lc.,MA. Beliau adalah dosen tetap di STIQ Rakha Amuntai sekaligus pembina lembaga Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai. Beliau dikenal sebagai pakar Alquran dan pemegang sanad Alquran serta berbagai sanad lainnya (khususnya di bidang kajian Alquran). Dilaksanakan pada Selasa, 6 Desember 2022 dan bertempat di Minosa Resort Hotel yang dimaksudkan agar para peserta mampu fokus terhadap jalannya rangkaian kegiatan.


 

LOMBA TAHSIN DAN TAHFIZH QURAN (LTTQ) KE – II TINGKAT SMPN SE-KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Amuntai 23 Oktober 2022

Pendidikan agama bagi siswa di sekolah pada semua jenjang adalah sebuah keharusan dan kewajiban yang dalam pelaksanaannya diatur oleh pemangku kebijakan. Hal ini merupakan implementasi dari pengamalan Pancasila sila pertama yang menyebutkan bahwa negara Indonesia adalah negara yang percaya kepada Tuhan yang maha Esa serta mengerjakan dan menjauhi segala larangannya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Dalam pelaksanaannya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai selalu membuat berbagai terobosan dan kegiatan yang bisa memacu dan memotivasi anak-anak di jenjang Sekolah Menengah Pertama, salah satunya adalah kegiatan Lomba Tahsin Tahfizh Quran tingkat SMPN se-Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan pada tanggal 19 sd 20 Oktober 2022 dan dalam pelaksanaannya diorganisir oleh Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai. Cabang lomba yang dipertandingkan adalah lomba tahfizh Qur’an, lomba Tahsin Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Lomba Adzan.

 

DAFTAR JUARA LOMBA LTTQ-II TINGKAT SMPN SE-KABUPATEN HSU

 

Tahfiz Putra

Juara 1       : Abdul Bari (SMP 2 Babirik)

Juara 2       : Afif Rahman (SMP 2 Amuntai Selatan)

Juara 3       : M. Zainal Ilmi (SMP 2 Sungai Pandan)

Harapan 1 : Sultan Muhammad Syarif (SMP 4 Amuntai)

Harapan 2 : M. Febri (SMP 3 Amuntai Selatan)

Harapan 3 : Hasan Ilhami (SMP 5 Amuntai)

 

Tahfiz Putri

Juara 1       : Jannatun Nisa (SMP 2 Sungai Pandan)

Juara 2       : Nabila Mahfuzah (SMP 4 Amuntai Selatan)

Juara 3       : Aminah (SMP 3 Amuntai Selatan)

Harapan 1 : Nor Hikmah (SMP 1 Amuntai Utara)

Harapan 2 : Heldawati (SMP 3 Amuntai Utara)

Harapan 3 : Khalisa Nur Ikrima (SMP 3 Sungai Pandan)

 

Tartil Putri

Juara 1       : Anggun Aluy (SMPN 2 Amuntai)

Juara 2       : Gita Riyani (SMPN 5 Amuntai)

Juara 3       : Husna A (SMPN 4 Amuntai)

Harapan 1 : Ananda Niken Ramadhani (SMPN 1 Amuntai Selatan)

Harapan 2 : Jamilah Rahmah (SMPN 8 Amuntai)

Harapan 3 : Siti Nafisah (SMPN 2 Sungai pandan)

 

Tartil Putra

Juara 1       : Fauzan (SMPN 5 Danau Panggang)

Juara 2       : Muhammad Rif’an Ilmi (SMPN 1 Amuntai Selatan)

Juara 3       : Nurul Hadi (SMPN 1 Babirik)

Harapan 1 : M. Rivaldi Albar (SMPN 4 Amuntai)

Harapan 2 : M. Yahya (SMPN 3 Amuntai selatan)

Harapan 3 : Ahmad Thahir (SMPN 2 Babirik)

 

Azan

Juara 1       : Sadik (SMPN 2 Babirik)

Juara 2       : Arif Rahman ( SMPN 1 Amuntai Utara )

Juara 3       : Khairil Azhami ( SMPN 1  Sungai Pandan )

Harapan 1 : Afgan ( SMPN 4 Amuntai )

Harapan 2 : Akhmad Syafi’i ( SMPN 1 Amuntai )

Harapan 3 : Nurul Hadi ( SMPN 1 Babirik )

 

Syarhil

Juara 1 no.urut 15 (SMPN 4 Amuntai Selatan):

1. Nadia

2. Najwa

3. Nabila Mahfuzah

 

Juara 2 no. Urut 21 (SMPN 1 Amt Utara):

1. Munawarah

2. Dia Saputri

3. Rahmatunnisa

 

Juara 3 (no urut 19) SMPN 1 Babirik:

1. Annisa

2. Bunga Faizanor

3. Nabila

 

Harapan 1 (no urut 9) SMPN 1 Amuntai

1. Hudaibil Nazima

2. Sri Ratnasari

3. Mar’atus Sholehah

 

Harapan 2 (no urut 2) SMPN 2 Sungai Pandan

1. Naziyatul A’la

2. Muhammad Fairuz Indra Ghandi

3. Rehadatul Aisya

 

Harapan 3 (no urut 20) SMPN 3 Amuntai Selatan

1. Aminah

2. Rina Aulia

3. Jumiati

 

Cerdas Cermat

Juara 1 SMPN 4 Amuntai

1.      Dinda Hastari Bulan Destian

2.      Faris Rafli Wahyuni

3.      Khisti Lintang Arifka

 

Juara 2 SMPN 4 Sungai Pandan

1.      Siti Mahrifina Mayzed

2.      Leni

3.      Indah Sari

 

Juara 3 SMPN 4 Danau Panggang

1.      Azijah

2.      Laili Rahmi Zakiya

3.      Yati

 

Juara harapan 1 SMPN 3 Amuntai Utara

1.      Siti Maryam

2.      Rina Rupida

3.      Saidah

 

Juara harapan 2 SMPN 3 Amuntai Selatan

1.      Yuliana

2.      Nur Hafizah

3.      Mahruna

 

Juara harapan 3 SMPN 2 Amuntai

1.      Raudatul Jannah

2.      Zahratunnisa

3.      Riska

 

 

 

Husin, M.Pd selaku ketua Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai menyebutkan bahwa lomba pada LTTQ ke II ini diselenggarakan dengan lebih meriah dan menambahkan 3 cabang lomba baru dibandingkan LTTQ-I. Hal ini tidak lain karena dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai yang selalu memberikan dukungan baik secara moril maupun metaril.

DAURAH ALQURAN SANAD, IJAZAH, SYAHADAH, DAN ILMU TAJWID

Amuntai 28 September 2022. Saat ini, kajian tentang sanad, ijazah dan syahadah dalam Alquran kurang mendapatkan perhatian. Akibatnya pengetahuan masyarakat tentang sanad, ijazah, dan syahadah menjadi kurang populer di kalangan umat Islam khususnya umat Islam di Indonesia. Hanya sebagian kalangan saja yang memahami tentang sanad salah satunya adalah kalangan pesantren khusus tahfizh dan perguruan tinggi khusus Alquran dan perguruan tinggi yang membuka prodi Ilmu Quran dan Tafsir. Sanad, ijazah, dan syahadah menjadi bagian penting dalam tradisi keilmuan Islam. Dengan adanya sistem sanad, setiap ilmu yang diterima umat Islam dari satu generasi ke generasi setelahnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keislaman Swasta (PTKIS) yang juga menjadi satu-satunya PTKIS di Kalimantan yang bercirikan Alquran berupaya mengedukasi mahasiswa dan masyarakat tentang ketiga hal tersebut yang dibingkai dalam kegiatan Daurah Alquran dengan pemateri Ustadz Samsul Fajeri, Lc.,MA. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 September 2022 bertempat di Aula STIQ Rakha Amuntai lantai III dan juga disiarkan secara live.
Husin, M.Pd selaku ketua Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai yang juga menjadi penyelenggara kegiatan berkomitmen untuk selalu memfasilitasi berbagai kegiatan-kegiatan dalam bidang Alquran sehingga bisa menjadi tradisi yang baik di lingkungan STIQ Rakha Amuntai dan searah dengan visi dari STIQ Rakha Amuntai yaitu sebagai perguruan tinggi terdepan dalam memasyarakatkan kajian-kajian Alquran.

Link Kegiatan ada di sini

 

DAURAH TAHSIN UNTUK MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI ILMU ALQURAN (STIQ) RAKHA AMUNTAI TAHUN AKADEMIK 2022-2023

Amuntai 26 September 2022. Sebagai sebuah institusi Pendidikan Tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Rakha Amuntai selalu menjaga kualitas outputnya agar sesuai dengan visi dari insitusi dan prodi yang tidak hanya menjadi Pendidikan tinggi yang melahirkan sarjana-sarjana yang kompeten di bidang Pendidikan akan tetapi juga memiliki kompetensi yang baik dalam penguasaan ilmu-ilmu Alquran, khususnya dalam bidang tahsin dan tahfizh.
Sebagai upaya dalam selalu menjaga kualitas dari alumninya maka setiap tahun akademik, STIQ Rakha Amuntai selalu memberikan pembekalan kepada mahasiswa/i baru yang dikemas dalam kegiatan Daurah Tahsin Bagi Mahasisiswa Baru. Dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 22 sd 31 Agustus 2022, semua mahasiswa baru dibekali dengan kajian-kajian tentang Alquran seperti Urgensi Tahsin Dalam Membaca Alquran (Dra. Hj. Siti Rafiqah, SQ.,M.Pd.I) , Jenis-Jenis Bacaan Dalam Alquran (Samsul Fajeri, Lc.,MA) https://www.youtube.com/watch?v=Lta4x4npkPc&t=260s , Fikih Dalam Kajian Alquran (H. Mahmudin, Lc.,M.H) https://www.youtube.com/watch?v=2T1T-mLx7rQ&list=PLDyl4z0oTrvXfhcA9YQM9x2M2EdZDB0xK&index=6 , Menjadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup (H.Hamli, S.Pd.I.,M.Pd.I) https://www.youtube.com/watch?v=Ruxh1bku1Gg , Bekal Utama Calon Hafizh Quran (Abdurrahman Al-Makky, M.Ag) https://www.youtube.com/watch?v=Z09Tgq-EYdU&list=PLDyl4z0oTrvXfhcA9YQM9x2M2EdZDB0xK&index=10 . Selain itu dalam setiap sesi kegiatan selalu dilanjutkan dengan pelatihan Tahsin dari Koordinator Quranic Family Center (QuFa) STIQ Rakha Amuntai.
Husin, M.Pd selaku panitia kegiatan menegaskan bahwa kegiatan ini akan selalu dilaksanakan setiap tahun akademik baru sebelum perkuliahan di mulai khusus bagi mahasiswa/i baru dengan harapan nantinya mereka memiliki gambaran yang luas tentang Alquran khususnya tahsin dan tahfizh.

PENANDATANGANAN KONTRAK KERJA KEPALA SDN se-KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA DENGAN TENAGA KONTRAK GURU TAHSIN TAHFIZH AMALIYAH KEAGAMAAN

Amuntai 29 Agustus 2022
Kabupaten Hulu Sungai Utara sejak dulu dikenal sebagai tempat lahirnya ulama-ulama besar dan tempat berkembangnya lembaga pendidikan Islam. Hal ini tidak terlepas dari kultur masyarakat yang agamis dan dukungan dari pemerintah yang selalu mendorong segala kegiatan keagamaan di masyarakat.
Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan yang ada di masyarakat pun tidak luput dari perhatian pemerintah daerah agar bisa menjadi tempat pendidikan yang bisa mengakomodir keinginan masyarakat supaya anak-anak mereka yang menempuh di pendidikan dasar agar juga bisa mendapatkan pendidikan agama yang baik sehingga juga berimplikasi kepada karakter anak yang religius.
Sebagai upaya dari mewujudkan keinginan tersebut maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai menjalin Kerjasama dalam melaksanakan kegiatan tahsin-tahfizh-amaliyah keagamaan di 45 (empat puluh lima) Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pada setiap sekolah tersebut disediakan 2 (dua) tenaga kontrak dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara yang diambil dari alumni/mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai dengan jumlah keseluruhan sebanyak 90 orang. Tenaga kontrak tersebut nantinya bekerja di Sekolah Dasar Negeri dari pukul 07.00 – 08.40 WITA dengan kegiatan diawali dengan shalat Dhuha berjamaah, pembacaan amaliyah keagamaan dan diakhiri dengan kegiatan tahsin dan tahfizh bagi siswa.
Kasi Pendidikan dan Kurikulum Sekolah Dasar (Bapak Bahruddin, S.Pd.) yang juga mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara menegaskan bahwa seluruh komponen sekolah wajib mendukung kegiatan tersebut secara maksimal dan diharapkan dengan kegiatan ini maka citra Sekolah Dasar bisa menjadi lebih baik di masyarakat dan juga bisa meningkatkan kualitas dari pendidikan di sekolah tersebut.

Focus Group Discussion Tentang Pelaksanaan Tahsin Tahfizh dan Amaliyah Keagamaan di 45 SDN se-Kabupaten Hulu Sungai Utara

Amuntai 22 Agustus 2022
Isu tentang brand image dan personal branding di lembaga pendidikan semakin menjadi pusat perhatian pemerhati pendidikan sekolah dan madrasah. Sekolah maupun madrasah semakin giat membuat berbagai kegiatan yang nantinya akan menjadi brand sekolah/madrasah dan menciptakan personal branding bagi siswa maupun guru.
Sebagai usaha untuk memenuhi kedua unsur tersebut, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai membuat kesepakatan kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan di 45 Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk secara langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Upaya penambahan kegiatan Tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan ini didasarkan atas pemenuhan dari harapan orangtua dari siswa/I di sekolah dasar, selain itu karakter masyarakat kabupaten Hulu Sungai Utara yang agamis maka diperlukan upaya-upaya penanaman karakter (personal branding) yang islami.
Husin, M.Pd sebagai utusan dari STIQ Rakha Amuntai yang menghadiri kegiatan tersebut menyatakan kesiapan STIQ Rakha Amuntai dalam memenuhi harapan yang diamanahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan berharap nantinya semua lembaga pendidikan di kabupaten Hulu Sungai Utara bisa memasukkan mata pelajaran tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan ke semua jenjang pendidikan.
Sebagai kesepakan awal dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara maka STIQ Rakha Amuntai akan merekrut 90 tenaga pengajar tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan yang berasal dari alumni maupun mahasiswa STIQ Rakha Amuntai yang nantinya akan mengikuti seleksi ketat dengan standar kompetensi yang diukur sesuai dengan kriteria tenaga tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak Ahadi Ilhami, Kasi Kurikulum Bapak Bahrudin, Ustadz Asfiannor, Ustadz M.Syihabuddin, Ustadzah Munawwarah dan perwakilan dari Kepala Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk sebagai sekolah tempat pelaksanaan kegiatan tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan.

Pengumuman Kelulusan Tes Masuk STIQ Amuntai Tahun Akademik 2022-2023 Gelombang 1

Berdasarkan Keputusan Rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu
Al-Qur’an (STIQ) Amuntai tahun akademik 2022/2023, dengan ini diumumkan hasil seleksi calon
mahasiswa baru, sebagaimana terlampir.
Hal-Hal yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa yang dinyatakan lulus pada lampiran pengumuman ini agar segera melaksanakan
daftar ulang.
2. Daftar ulang dilaksanakan dengan metode offline dan online mulai tanggal 12 – 19 Mei 2022
(09.00 – 12.00).
a. Daftar ulang offline bertempat di kantor Tata Usaha STIQ Amuntai.
b. Daftar ulang online melalui link bit.ly/DaftarUlangSTIQ2022
3. Adapun berkas yang dikumpul adalah sebagai berikut:
a. Kartu Pendaftaran
b. Foto Copy Akta Lahir
c. Foto Copy Kartu Keluarga
d. Foto Copy KTP (jika ada)
e. Foto Copy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
f. Pasfoto berwarna (2 x 3) 4 lembar
4. Rincian Pembayaran:
Keterangan Nominal
a. Biaya Daftar Ulang dan Perpustakaan Rp. 800.000,-
b. Biaya Kegiatan Kemahasiswaan Rp. 100.000,-
c. Biaya Remedial Quran* Rp. 100.000,-
d. Biaya Remedial Bahasa Arab** Rp. 100.000,-
Keterangan:
* Tambahan biaya wajib bagi Mahasiswa yang lulus dengan Remedial Quran.
** Tambahan biaya wajib bagi Mahasiswa yang lulus dengan Remedial Bahasa Arab.
5. Seluruh mahasiswa yang lulus seleksi wajib mengikuti program MASTAMA (Masa Ta’aruf
Mahasiwa) atau Orientasi Mahasiswa Baru.
6. MASTAMA (Masa Ta’aruf Mahasiswa) atau Orientasi Mahasiswa Baru Tanggal dan teknis
pelaksanaan akan diumumkan kemudian.
7. Mahasiswi yang belum menyelesaikan tes Quran akan diumumkan hasil tes mereka beberapa
hari kemudian.
8. Mereka yang tidak tercantum namanya pada lampiran pengumuman ini dinyatakan TIDAK
LULUS.
9. Mahasiswi luar kota Amuntai agar sudah berhadir di Asrama Mahasiswi mulai tanggal (nanti
akan diinformasikan kembali)
10. Informasi Pembayaran Asrama Mahasiswi :
a. Membayar tebusan peralatan pribadi (lemari, kasur, bantal dan fasilitas dapur, dll) sebesar
Rp. 700.000,-
b. Iuran asrama setiap bulan (makan, listrik, PDAM dan wifi) sebesar Rp. 470.000,- (dibayar
ketika masuk asrama).
Amuntai, 11 Mei 2022

Silahkan download Pengumuman lengkapnya disini

PENYALURAN BEASISWA BAZNAS TAHUN 2022

Rabu, 23 Maret 2022

Selamat atas 11 orang Mahasiswi STIQ Amuntai yang telah berhasil melewati seleksi beasiswa baznas Kab. HSU. Semoga beasiswa yang di dapatkan selama satu tahun ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan perkuliahan.

Kami ucapkan terimakasih kepada Baznas Kab. HSU atas beasiswanya. Dan kepada masyarakat Kab. HSU kami himbau untuk ikut serta dalam penyaluran zakat infaq sedekah ke lembaga resmi Baznas Kab. HSU.

BAZNASHSU #BAZNASINDONESIA #STIQAMUNTAI