Sejarah Singkat

Pelatihan Pengurusan Jenazah (Memandikan dan Mengkafani) di STIQ Amuntai

Pada hari Ahad, 26 Mei 2024, diselenggarakan pelatihan pengurusan jenazah dengan fokus pada praktik memandikan dan mengkafani jenazah. Acara ini berlangsung di STIQ Amuntai mulai pukul 09.00 Wita hingga selesai.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua STIQ Amuntai, Muallim Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, dan didampingi oleh Wakil Ketua III, Muallim Drs. H. Asy’ari H. A. Hasan. Dalam sambutannya, Dr. H. Abd Hasib Salim menyampaikan pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam mengurus jenazah dengan benar dan sesuai syariat Islam. “Pelatihan ini sangat penting untuk memastikan bahwa kita semua dapat melaksanakan kewajiban terakhir kepada jenazah dengan benar dan penuh hormat,” ujarnya.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman, yaitu Ustadz Abdul Khaliq dan Ustadzah Raihatul Jannah, S.Pd. Kedua narasumber memberikan panduan dan penjelasan yang rinci mengenai tata cara pengurusan jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Para peserta mendapat kesempatan untuk mempraktikkan langsung langkah-langkah yang telah diajarkan di bawah bimbingan narasumber.

Pelatihan ini mendapat respons yang positif dari para peserta mahasiswa STIQ Amuntai. Mereka sangat antusias dan aktif dalam sesi tanya jawab serta praktik langsung yang diberikan oleh narasumber.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami dan trampil dalam mengurus jenazah, sehingga dapat melaksanakan kewajiban ini dengan baik dan benar. STIQ Amuntai berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Program Studi Magister PBA Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin Laksanakan Pengabdian Masyarakat di STIQ Rakha Amuntai

Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh Program Studi Magister PBA Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin dengan tema “Academic Writing dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Acara ini berlangsung di STIQ Amuntai mulai pukul 14.00 Wita hingga selesai.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ahmad Munawwar dari Prodi PBA

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai, H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta dan menekankan harapan besar agar para lulusan S1 Pendidikan Bahasa Arab dapat melanjutkan studi mereka ke jenjang S2 di UIN Antasari Banjarmasin. “Kami berharap mahasiswa yang lulus S1 Pendidikan Bahasa Arab bisa melanjutkan S2 ke UIN Antasari Banjarmasin,” ujarnya.

H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM. Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai

Dr. Hj. Noor Maulidiyah, MA, Ketua Program Studi Magister PBA dan juga dosen Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, menjadi narasumber utama dalam acara ini. Beliau memberikan materi yang sangat bermanfaat mengenai penulisan akademik dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab, menekankan pentingnya kemampuan menulis yang baik dan benar bagi para mahasiswa. Narasumber kedua di sampaikan oleh muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I (Dosen STIQ Rakha Amuntai) yang membahas tentang orisinalitas Wahyu & Bahasa Arab. Acara ini juga dihadiri oleh Hj. Siti Rafiqah, SQ, M.Pd.I. Ketua PPTQ (Pusat Pengembangan Tahfidz Qur’an) STIQ Rakha Amuntai.

Dr. Hj. Noor Maulidiyah, MA, Ketua Program Studi Magister PBA UIN Antasari Banjarmasin

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UIN Antasari Banjarmasin untuk terus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas akademik dan profesional para mahasiswa, khususnya dalam bidang Bahasa Arab. Para peserta yang hadir menunjukkan antusiasme yang tinggi dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Ustadz Muhammad Syihabuddin.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan akan semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta mampu mengaplikasikan keterampilan menulis akademik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab.

Rapat Bulanan Pimpinan dan Karyawan STIQ Rakha Amuntai

Amuntai, Kamis – Pada hari Kamis pukul 10.00 WITA, telah dilaksanakan rapat bulanan pimpinan dan karyawan STIQ Rakha Amuntai di Ruang Ketua STIQ Rakha Amuntai. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua STIQ Rakha Amuntai, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, dan dihadiri oleh Wakil Ketua II H. Alfianor, Lc., M.Pd.I, Wakil Ketua III Drs. H. Asy’ari H. A. Hasan, Ketua BPPM (Balai Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STIQ Rakha Amuntai H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM, serta seluruh pimpinan dan karyawan STIQ Rakha Amuntai.

Pada rapat yang berlangsung hingga siang hari tersebut, beberapa keputusan penting telah dihasilkan. Berikut adalah rangkuman hasil rapat yang diadakan pada 30 Mei 2024:

  1. Dalam waktu dekat, STIQ Rakha Amuntai akan membangun asrama baru. Untuk memulai proses ini, akan dibentuk sebuah tim khusus yang bertugas untuk mengelola pendataan aset serta persiapan pembangunan.
  2. Semua surat menyurat terkait aset STIQ Rakha Amuntai akan dikumpulkan dan disimpan dengan rapi di lemari berkas Tata Usaha (TU).
  3. Pengelolaan asrama akan ditinjau kembali dari segi pelayanan, fasilitas, dan biaya agar minat mahasiswa untuk tinggal di asrama meningkat.
  4. Munaqasyah akan dilaksanakan mulai 16 Juni hingga 20 Juni 2024.
  5. Yudicium akan dilaksanakan pada 24 Juni 2024.
  6. Final tes akan dilaksanakan pada awal Juli 2024.
  7. Program Pengalaman Lapangan (PPL) akan dilaksanakan pada awal ajaran bulan Juli 2024 dan akan dikoordinir oleh Ust. Dony.
  8. Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan diterjunkan pada bulan Agustus 2024.
  9. Instalasi listrik di lingkungan STIQ Rakha Amuntai perlu diperbaharui untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

Dengan berbagai agenda penting yang telah ditetapkan, diharapkan seluruh civitas akademika STIQ Rakha Amuntai dapat mempersiapkan diri dengan baik. Ketua STIQ, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, menyampaikan harapannya agar setiap keputusan yang diambil dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan STIQ Rakha Amuntai.

Sosialisasi Bank Kalsel Syariah tentang “Aksel Edu” di STIQ Rakha Amuntai

Amuntai, Rabu – Bank Kalsel Syariah menggelar sosialisasi mengenai program terbarunya, “Aksel Edu,” di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai. Acara ini berlangsung pada hari Rabu mulai pukul 14.00 hingga selesai, bertempat di ruang Ketua STIQ Rakha Amuntai.Sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Ketua III Drs. H. Asy’ari H. A. Hasan, H. Ahmad Khalidi,S.Pd.I, MM, Dony Ahmad Ramadhani, S.Pd.I,M.Pd.I, Muhammad Arsyad, S.Pd.I, Wahyudi, S.Pd dan Sandy Aulia Rahman, S.Pd, dan perwakilan dari Bank Kalsel Syariah. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program “Aksel Edu” yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi institusi pendidikan dalam pengelolaan keuangan yang lebih syariah-compliant.Selama acara, pihak Bank Kalsel Syariah memaparkan berbagai fitur dan keunggulan dari program “Aksel Edu” serta menjelaskan bagaimana program ini dapat diimplementasikan di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi keuangan. Selain itu, sesi tanya jawab juga diadakan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta memahami lebih dalam mengenai program tersebut.Acara sosialisasi ini mendapat respon positif dari para peserta yang hadir. Mereka menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bank Kalsel Syariah dalam membantu institusi pendidikan melalui solusi keuangan yang inovatif dan sesuai dengan prinsip syariah.

Sidang Munaqasyah Skripsi Prodi PBA dan PGMI STIQ Amuntai

Amuntai, 19-20 Mei 2024 – STIQ Amuntai menggelar Sidang Munaqasyah Skripsi untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada hari Ahad dan Senin, tanggal 19 hingga 20 Mei 2024. Acara ini dimulai pukul 08.00 hingga selesai setiap harinya.

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Sidang Munaqasyah kali ini diikuti oleh 46 mahasiswa dari Prodi PBA dan 72 mahasiswa dari Prodi PGMI. Mereka akan mempresentasikan dan mempertahankan skripsi mereka di hadapan para penguji, yang terdiri dari dosen-dosen senior dan ahli di bidangnya masing-masing.

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian proses akademik yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka. Sidang munaqasyah ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap topik penelitian yang telah mereka pilih serta untuk memastikan bahwa skripsi yang ditulis memenuhi standar akademik yang telah ditetapkan.

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Sidang munaqasyah ini diharapkan dapat berlangsung dengan lancar dan sukses, serta dapat menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk menunjukkan hasil kerja keras mereka selama ini. Dengan terselenggaranya sidang munaqasyah ini, STIQ Amuntai terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten dan siap berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Para mahasiswa, dosen, serta seluruh civitas akademika STIQ Amuntai sangat antusias menyambut dan mengikuti acara penting ini. Semoga semua peserta dapat menjalani sidang munaqasyah dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Pengarahan Sidang Munaqasyah Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Prodi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Sabtu, 18 Mei 2024 – STIQ Amuntai menyelenggarakan pengarahan sidang munaqasyah Skripsi untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Acara ini berlangsung di lantai 3 gedung STIQ dan dimulai pada pukul 16.30 WITA hingga selesai.

Pengarahan ini dibuka secara resmi oleh Muallim H. Alfianor, Lc., M.Pd.I, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua II STIQ Amuntai. Dalam sambutannya, Muallim H. Alfianor menekankan pentingnya kualitas pendidikan dan pengajaran dalam membentuk generasi yang kompeten dan berakhlak mulia. Beliau juga menyampaikan harapannya agar para mahasiswa yang mengikuti sidang munaqasyah dapat memberikan yang terbaik dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari evaluasi akhir bagi mahasiswa PBA dan PGMI yang telah menyelesaikan penelitian dan tugas akhir mereka. Sidang terbuka ini dihadiri oleh dosen pembimbing, penguji, serta keluarga dan rekan mahasiswa yang memberikan dukungan moral.

Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan mahasiswa dapat mengambil hikmah dari proses sidang munaqasyah dan siap untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh selama masa studi ke dalam dunia kerja dan masyarakat.

Bedah Buku Metode At-Tarkiz Fi ‘Ilmin Nahwi

Ustadz Aminuddin, S.Pd

Senin, 13 Mei 2024, pukul 14.00 WITA, Auditorium STIQ Rakha Amuntai menjadi saksi berlangsungnya acara Bedah Buku yang mengangkat topik seputar metode pembelajaran ilmu Nahwu. Acara ini menghadirkan narasumber terkemuka, Ustadz Aminuddin, S.Pd, penulis buku “Metode At-Tarkiz Fi ‘Ilmin Nahwi: Teori Singkat, Padat, dan Mudah Dipahami, Metode Praktis, Simpel dan Menyenangkan”; serta Muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I, sebagai pembanding.

Ketua STIQ Amuntai, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, membuka acara dengan sambutan yang menekankan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran bahasa Arab, khususnya Nahwu, untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengajaran di kalangan mahasiswa. Beliau juga mengapresiasi kehadiran para narasumber yang telah memberikan kontribusi besar dalam bidang ini.

Muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua III, Drs. H. Asy’ari H. A. Hasan, Ketua BPPM STIQ Rakha Amuntai, H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM, Ketua Prodi IAT, Muallim Dony Ahmad Ramadhani, S.Pd.I, M.Pd.I, Ustadz M. Syihabuddin, S.Pd, serta seluruh mahasiswa dan mahasiswi STIQ Rakha Amuntai.

Dalam presentasinya Ustadz Aminuddin, S.Pd, memaparkan metode At-Tarkiz yang ia kembangkan, menekankan kesederhanaan dan kepraktisan dalam memahami teori-teori Nahwu. Metode ini dirancang untuk membuat proses belajar Nahwu menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I

Sebagai pembanding, Muallim Dr. H. Nashrullah Muhammad Atha, M.H.I, memberikan pandangannya mengenai pentingnya kreativitas dalam pengajaran Nahwu. Ia menyoroti bagaimana buku ini bisa menjadi referensi yang sangat berguna bagi pengajar dan pelajar Nahwu.

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tentang ilmu Nahwu, tetapi juga menjadi wadah diskusi interaktif antara narasumber dan peserta. Mahasiswa STIQ Rakha Amuntai berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para ahli, sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan praktis.
Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan seluruh peserta, terutama mahasiswa STIQ Rakha Amuntai, dapat mengambil manfaat dari berbagai pendekatan baru dalam mempelajari dan mengajarkan Nahwu, serta termotivasi untuk terus mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang ini.

Penyerahan sertifikat dari Dema ke Ustadz Aminuddin, S.Pd

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (MABA) Gelombang Pertama Tahun Akademik 2024-2025 STIQ Rakha Amuntai

Pendidikan Bahasa Arab (PBA) & Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)

Pada hari Ahad, tanggal 05 Mei 2024, STIQ Rakha Amuntai menggelar Seleksi Masuk Mahasiswa Baru (MABA) gelombang pertama untuk tahun akademik 2024-2025. Acara ini dimulai pukul 08.00 dan berlangsung hingga selesai.

Muallim H. Alfianor, Lc., M.Pd.I, Wakil Ketua II STIQ Rakha Amuntai, membuka acara tersebut bersama didampingi Muallim H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM, Ketua Balai Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM), serta Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Muallim Dr. Haris Zubaidillah, S.Q., M.Pd, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Muallim Husin, M.Pd, dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Muallim Dony Ahmad Ramadhani, S.Pd.I, M.Pd.I.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Data terkini menunjukkan animo yang tinggi dari calon mahasiswa baru. Untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), tercatat 19 pendaftar laki-laki dan 30 pendaftar perempuan. Sedangkan untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), jumlah pendaftar mencapai 23 orang laki-laki dan 33 orang perempuan. Sementara itu, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) menarik minat 12 pendaftar laki-laki dan 22 pendaftar perempuan.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Dengan animo yang tinggi dari para calon mahasiswa baru, STIQ Rakha Amuntai siap menyambut dan membantu mereka untuk meraih pendidikan yang berkualitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Seleksi MABA ini merupakan langkah awal bagi para mahasiswa baru untuk mengenal lebih dekat lingkungan akademik STIQ Rakha Amuntai. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, para mahasiswa baru dapat lebih siap dalam menjalani perkuliahan dan meraih cita-citanya di STIQ Rakha Amuntai.

STIQ Rakha Amuntai berkomitmen untuk terus menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam. STIQ Rakha Amuntai membuka peluang bagi generasi muda untuk menjadi insan yang berilmu, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi umat.

Rapat Persiapan Re-Akreditasi Institusi, PGMI, dan PBA STIQ Amuntai

Selasa, 23 April 2024 – Pukul 16.00

Dalam rangka persiapan reakreditasi yang akan dilaksanakan, STIQ menggelar rapat yang dihadiri oleh pimpinan dan karyawan. Rapat bertempat di Ruang Ketua STIQ Lantai I pada hari Selasa, 23 April 2024, mulai pukul 16.00 hingga selesai.

Hasil rapat 23 April 2024

  1. Akreditasi IAT (tanggal nunggu sertifikat)
  2. Akreditasi PGMI hampir submit maksimal akhir April sudah selsai pengerjaan borag reakreditasi
  3. Akreditasi institusi dari Agustus atau Nopember 2024 maksimal sudah harus submit di SAPTO submit. KARENA PALING LAMBAT 6 BULAN HARUS SUBMIT
  4. Poin nilai untuk mahasiswa 6 item, perlu tambahn insentif dan tenaga (Saidan dan Arsyad)
  5. Foto dokumen-dokumen perlu pengarsipan untuk akredtasi (Arsyad)
  6. Rekapitulasi dan pengarsipan sertifikat penghargaan punya mahasiswa.( Diinfokan kaprodi ke mahasiswa)
  7. Artikel dari dosen perlu d tingkatkan, sertifikat dosen berprestasi, RPS dan lain-lain (kaprodi informan)
  8. Dosen tetap semuanya akan dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan dari pimpinan ttg pengisian dan pelaporan BKD. reakreditasi ini dilakukan oleh LAMDIK bukan dari BAN PT dan stiq sudah menyiapkan dana yang tidak sedikit.