STIQ Rakha Amuntai Jalin Kerjasama (MoU) dengan Markaz Arabiyah Pare dalam Pengembangan Bahasa Arab

Amuntai, Kalimantan Selatan. Pada hari Kamis, 7 Maret 2024, STIQ Rakha Amuntai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Markaz Arabiyah Pare dalam rangka pengembangan dan penguatan Bi’ah Lughawiyah (Lingkungan Bahasa) di STIQ Rakha Amuntai.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di Markaz Arabiyah, Jln. Cempaka, No. 32, Tegalsari, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur.

Dari pihak Markaz Arabiyah, MoU ditandatangani oleh dua Muassis, yaitu Ustadz H. Titis Trilaksito, Lc., M.Pd. dan Ustadz H. Miqdarul Khoir Syarofit, Lc., M.Pd. Sementara itu, dari STIQ Rakha Amuntai, hadir Mu’allim M. Syihabuddin, S. Pd., dosen PBA STIQ Rakha Amuntai.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam mengembangkan dan memperkuat kemampuan Bahasa Arab di STIQ Rakha Amuntai. Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan dapat membuka pintu silaturrahmi dan kolaborasi yang lebih erat antara kedua lembaga dalam bidang pendidikan Bahasa Arab.

Dua program utama yang akan menjadi fokus kerjasama ini adalah Roadshow Arabiyah dan Wisata Edukasi Arabiyah. Roadshow Arabiyah merupakan program yang akan menghadirkan para pengajar dari Markaz Arabiyah Pare untuk memberikan pengembangan serta pembinaan Biah Lughawiyah di STIQ Rakha Amuntai. Sementara itu, Wisata Edukasi Arabiyah merupakan program yang akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa STIQ Rakha Amuntai untuk mengunjungi Markaz Arabiyah dan belajar langsung di lingkungan yang berbahasa Arab.

Mu’allim M. Syihabuddin, S. Pd., dosen PBA STIQ Rakha Amuntai, menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan Bahasa Arab di STIQ Rakha Amuntai.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerjasama dengan Markaz Arabiyah Pare, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Bahasa Arab terbaik di Indonesia. Kami yakin kerjasama ini tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi pengembangan Bahasa Arab di STIQ Rakha Amuntai, dan semoga ini selalu menjadi Amal Jariyah” ujar Mu’allim Syihab.

Ustadz H. Miqdarul Khoir Syarofit, Lc., M.Pd. Muassis Markaz Arabiyah, juga menyambut baik kerjasama ini. Beliau mengatakan bahwa Markaz Arabiyah Pare siap membantu STIQ Rakha Amuntai dalam penerapan Biah Lughawiyah.

“Kami siap membantu STIQ Rakha Amuntai dalam meningkatkan Biah Lughawiyah. Kami memiliki banyak pengajar yang berpengalaman dan berkompeten di bidangĀ  Bahasa Arab,” ujar Ustadz Miqdar.

Kerjasama antara STIQ Rakha Amuntai dan Markaz Arabiyah ini diharapkan dapat menjadi langkah maju dalam pengembangan dan penguatan Bahasa Arab di Indonesia.

About the Author

arsyad

Staf Bagian Informasi