Kasi PD Pontren Apresiasi & Dukung Penuh Program 100 Rumah Tahfizh di Tabalong

Rabu 13-04-2022 11:45:31 WITA

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Kasi PD Pontren) Kemenag Tabalong, H. Ahmad Surkati sekaligus Sekretaris Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) mengapresiasi dan mendukung penuh atas program 100 Rumah Tahfizh di Kabupaten Tabalong.

“Keberadaan rumah tahfidz akan sangat mendukung visi dan misi daerah dalam mewujudkan masyarakat yang agamis dan qur’ani. Makanya ketika ada program ini, tentu saja akan mendorong bertambahnya peran dan kecintaan masyarakat Tabalong akan Al Qur’an,” ucapnya saat dikonfirmasi usai mengikuti Sosialisasi prototype manajemen program 100 rumah tahfidz yang digelar Bappeda Tabalong, Selasa (12/04/22).

Dijelaskannya, wacara satu desa satu rumah tahfizh sudah dipikirkan sejak lama dan sejalan dengan keinginan Bupati Tabalong. Manajemen rumah tahfizh yang ideal seyogyanya menjadi tanggung jawab bersama.

Untuk itu terangnya, FKPQ sekaligus sebagai mitra Kemenag dan Pemkab Tabalong akan bersinergi dalam memajukan pendidikan Al’Qur’an di Bumi Saraba Kawa .

“Apalagi di Tabalong sudah terdata ada 22 rumah tahfizh, meski baru 4 (empat) rumah tahfizh yang terdaftar melalui Kemenag Tabalong. Kita senantiasa berharap agar rumah-rumah tahfizh yang sudah berjalan hingga saat ini akan menjalankan perannya secara maksimal agar melahirkan generasi hafizh-hafizhah berkualitas,” tambahnya.

Pihaknya kata Surkati, dari Kemenag Tabalong memberi support penuh untuk keberadaan rumah tahfidz. “Semoga dapat menjadikan generasi muda Qur’ani yang memberi dampak pada meningkatnya kualitas kesalehan umat serta mewujudkan masyarakat Tabalong yang agamis,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bappeda H. Noor Rifani melalui Kabid Litbang Bappeda menjelaskan manajemen prototype 100 rumah tahfizh di Tabalong melewati kajian dan penelitian selama 2 bulan dengan harapan akan terwujud minimal satu rumah tahfidz pada setiap desa.

“Keberadaan rumah tahfidz tersebut juga sejalan dengan program pemerintah daerah yakni membangun masyarakat Tabalong yang agamis. Targetnya tiap desa tersedia satu rumah tahfidz yang diharapkan mampu menjadi sarana guna meningkatkan pengetahuan keagamaan bagi masyarakat,” jelasnya

Dengan pembangunan Rumah Tahfidz di Kabupaten Tabalong diharapkan akan membawa imbas baik bagi masyarakat sekitar, sehingga dakwah Al-Qur`an yang disyiarkan di wilayah tersebut sampai kepada masyarakat.

“Makanya pengorganisasian dan manajemennya akan dimulai dari penyiapan SDM pengajarnya, syarat santri, syarat lembaga serta syarat pengajaran,” pungkasnya.

About the Author

arsyad

Staf Bagian Informasi