Ekspose Akhir Prototipe Program Manajemen 100 Rumah Tahfizh


KAMIS 31 AGUSTUS 2023

Bertempat di Aula H. Ismail Abdullah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong hari Senin (27/12) menggelar acara Ekspose Akhir Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Muhammad Nafis Tabalong.

Acara dibuka oleh kepala Bappeda Ir. H M. Noor Rifani,SH. ST. MT kemudian di lanjutkan oleh ketua STIT Dr. H Erwan Mardani, M. AP dan dipaparkan oleh ketua Tim M. Ahim Sulthan Nuruddaroni, M. Pd (STIQ) Amuntai yg dihadiri Dosen STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong, Dosen STIQ Amuntai, ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an, kaai Pendidikan Diniyah dan Poteren Kemenag, ketua BKPRMI kab Tabalong Perwakilan Guru Rumah Tahfiz Kabupaten Tabalong.

Berbagai masukan-masukan telah di terima oleh Tim penyusun sehingga perlu perbaikan dalam tahap akhir dan di harapkan dengan adanya ekspose laporan akhir ini dokumen dapat lengkap dan sesuai dengan yg diharapkan.

Adapun hasil kaji lapangan : (1). Kondisi Rumah tahfizh mulai bermunculan tapi belum merata; (2). Minat masyarakat dan SDM di nilai sudah mampu dan mencukup; (3). Pemerintah sangat mendukung adanya program setiap desa ada rumah tahfihz; (4). Program rumah tahfihz yang ada belum sepenuhnya sempurna dan relevan dengan kebutuhan santri.

Rancangan Prototipe Program Manajemen 100 Rumah Tahfizh berdasarkan hasil studi lapangan dan kepustakaan baik secara teoritis maupun praktis dan didukung penelitian terdahulu.

Dari Ekspose ini didapatkan beberapa rekomendasi yakni : (1). Pengembangan Prototipe manajemen program 100 rumah tahfiz sudah di uji coba dan sudah layak untuk di gunakan sebagai pedoman dan diseminasi kan setiap rumah tahfihz, (2). Memudahkan dalam mengelola dan manajemen, (3). Untuk guru telah teruji secara signifikan supaya mudah mengajarkannya.

About the Author

arsyad

Staf Bagian Informasi