SEMINAR INTERNASIONAL BERSAMA SYEKH ALI ABDURRAHMAN BAHARMI

HOTEL MINOSA RESORT, 25 Januari 2023
Sekolah Tinggi Ilmu Quran (STIQ) Rakha Amuntai bekerjsama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Hulu Sungai Utara dan Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai mengadakan kegiatan Seminar Internasional sekaligus Daurah Tahsin dan Qiraat untuk seluruh tenaga pengajar tahsin dan tahfizh di lingkungan STIQ Rakha Amuntai dan tenaga kontrak pengajar tahsin dan tahfizh di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hulu Sungai Utara pada hari Rabu (25/1) dan dihadiri oleh sekitar 100 peserta.

Kegiatan ini di awali dengan penyampaian tentang gambaran umum STIQ Rakha Amuntai oleh Ustadz H. Mahmudin, lc.,M.H kemudian dilanjutkan dengan penjelasan secara umum tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan selanjutnya dipimpin oleh Ustadz Samsul Fajeri, Lc.,MA sebagai pemandu dan penerjemah pemateri.

Syekh Ali Abdurrahman Ali Abdurrahman Baharmi sebagai pemateri kegiatan menyampaikan bahwa sudah selayaknya seorang hafizh Alquran atau orang yang belajar Alquran berguru dengan orang yang benar-benar memiliki kapasitas sebagai guru Alquran dengan kriteria pertama adalah pengajar tahsin dan tahfizh tersebut adalah benar-benar orang yang takut kepada Allah swt. Kedua, pastikan berguru kepada orang yang sudah memiliki pengakuan sebagai guru Alquran (lebih baik lagi kalau sudah bersanad). Ketiga, belajar kepada guru yang tidak menjadikan Alquran sebagai tujuan keduniaan.

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan talaqqi bacaan surah Al-Fatihah secara langsung dengan Syekh Ali Abdurrahman Baharmi dengan berbagai bacaan qiraat.

Dokumentasi Daurah Tahsin Qiraat (on YouTube)

About the Author

Muhammad Ryan Maulana