Upacara Yudisium Menandai Kelulusan Mahasiswa di STIQ Rakha Amuntai

Amuntai, 15 Juli 2023 – Upacara Yudisium untuk Program Sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Rakha Amuntai, Tahun Akademik 2022-2023, berlangsung hari ini di Aula STIQ Rakha Amuntai. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dr. H. Abd. Hasib Salim, M.A.P, Ketua STIQ Rakha Amuntai.

Upacara dimulai dengan pembacaan Al-Fatihah oleh Muallim Kipli Bukran, M.Pd.I, sebagai pembawa acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Ilahi yang indah oleh Ahmad Maulana.

Dr. H. Abd. Hasib Salim, M.A.P, menyampaikan pembukaan acara Yudisium, yang diikuti dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Yudisium Program Sarjana Tahun Akademik 2022-2023 oleh H. Alfianor, Lc., M.Pd.I. Setelah itu, Dr. H. Abd. Hasib Salim, M.A.P, menyampaikan laporan sebagai Ketua STIQ Rakha Amuntai.

Ketua STIQ Rakha Amuntai kemudian mengukuhkan 205 orang peserta Yudisium sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Dalam pengukuhan tersebut, peserta Yudisium diingatkan untuk selalu berakhlak mulia, mengamalkan ilmu yang telah didapatkan, dan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan penghargaan kepada peserta Yudisium yang berprestasi dalam hafalan Al-Quran 30 Juz. Sertifikat penghargaan diserahkan oleh Ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangan Tilawah Al-Quran (PPTQ) STIQ Rakha Amuntai.



Prosesi dan penyerahan SK Yudisium dilakukan kepada seluruh peserta Yudisium. Setelah itu, Dr. H. M. Saberan Afandi, MA, menyampaikan amanat sebagai Ketua STIQ Rakha Amuntai, diikuti dengan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Asyari H.A. Hasan.

Acara Yudisium ditutup dengan ucapan “Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin” dan diakhiri dengan ketukan palu. Dalam laporan penutup, disebutkan bahwa jumlah keseluruhan mahasiswa yang di-Yudisium pada hari itu sebanyak 205 orang, dengan rincian sebagai berikut:

Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA), lulusan angkatan ke-XXVI (26):
– Laki-laki: 17 orang
– Perempuan: 72 orang
– Jumlah: 89 orang
– Predikat Cumlaude: 36 orang
– Predikat Sangat Memuaskan: 53 orang
– Predikat Memuaskan: 0 orang
– Predikat Baik: 0 orang

Program Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), lulusan angkatan ke-IV (4):
– Laki-laki: 18 orang
– Perempuan: 98 orang
– Jumlah: 116 orang
– Predikat Cumlaude: 83 orang
– Predikat Sangat Memuaskan: 33 orang
– Predikat Memuaskan: 0 orang
– Predikat Baik: 0 orang

Penghargaan Yudisiawan dan Yudisiawati Terbaik diberikan kepada Ahmad Ridhani dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3,77 dan predikat Pujian, serta kepada Juhairiah dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan IPK 3,87 dan predikat Pujian. Keduanya juga berhasil mencapai prestasi hafalan Al-Quran 30 Juz. Hadiah dan sertifikat diberikan oleh masing-masing Ketua Program Studi.

Upacara Yudisium dihadiri oleh para dosen, karyawan, dan peserta Yudisium sebanyak 205 orang.

Amuntai, 15 Juli 2023
Ketua Panitia,
Dr. Muh. Haris Zubaidillah, M.Pd

About the Author

arsyad

Staf Bagian Informasi