PENGABDIAN MASYARAKAT KERJASAMA UIN ANTASARI BANJARMASIN, DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA DAN SEKOLAH TINGGI ILMU ALQURAN (STIQ) RAKHA AMUNTAI

Pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Literasi Al-Qur’an Bagi Guru PAI di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara dalam Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam S3 Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara serta Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Rakha Amuntai.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang guru PAI dari Sekolah Dasar dan 50 orang guru PAI dari Sekolah Menengah Pertama. Acara dimulai dengan sambutan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Umar Said, S.Ag, diikuti oleh sambutan dari STIQ Rakha Amuntai yang diwakili oleh Wakil Ketua II H. Alfianor, Lc.,M.Pd.I dan sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S3 Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin Dr. H. Fahmi Hamdi, Lc.,MA.

Acara terakhir diisi dengan kegiatan workshop peningkatan literasi Alquran bagi guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara oleh Trainer Kurikulum Merdeka Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak Syarifuddin, S..Pd.I.,M.Pd.I yang juga merupakan dosen tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Rakha Amuntai.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi Al-Qur’an bagi guru PAI di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam kurikulum merdeka. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, akan tercipta guru-guru PAI yang mampu membaca, memahami, dan mengajarkan Al-Qur’an dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

About the Author

Muhammad Ryan Maulana