DAURAH ALQURAN SANAD, IJAZAH, SYAHADAH, DAN ILMU TAJWID

Amuntai 28 September 2022. Saat ini, kajian tentang sanad, ijazah dan syahadah dalam Alquran kurang mendapatkan perhatian. Akibatnya pengetahuan masyarakat tentang sanad, ijazah, dan syahadah menjadi kurang populer di kalangan umat Islam khususnya umat Islam di Indonesia. Hanya sebagian kalangan saja yang memahami tentang sanad salah satunya adalah kalangan pesantren khusus tahfizh dan perguruan tinggi khusus Alquran dan perguruan tinggi yang membuka prodi Ilmu Quran dan Tafsir. Sanad, ijazah, dan syahadah menjadi bagian penting dalam tradisi keilmuan Islam. Dengan adanya sistem sanad, setiap ilmu yang diterima umat Islam dari satu generasi ke generasi setelahnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keislaman Swasta (PTKIS) yang juga menjadi satu-satunya PTKIS di Kalimantan yang bercirikan Alquran berupaya mengedukasi mahasiswa dan masyarakat tentang ketiga hal tersebut yang dibingkai dalam kegiatan Daurah Alquran dengan pemateri Ustadz Samsul Fajeri, Lc.,MA. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 September 2022 bertempat di Aula STIQ Rakha Amuntai lantai III dan juga disiarkan secara live.
Husin, M.Pd selaku ketua Quranic Family (QuFa) Center STIQ Rakha Amuntai yang juga menjadi penyelenggara kegiatan berkomitmen untuk selalu memfasilitasi berbagai kegiatan-kegiatan dalam bidang Alquran sehingga bisa menjadi tradisi yang baik di lingkungan STIQ Rakha Amuntai dan searah dengan visi dari STIQ Rakha Amuntai yaitu sebagai perguruan tinggi terdepan dalam memasyarakatkan kajian-kajian Alquran.

Link Kegiatan ada di sini

 

About the Author

haris

Muh. Haris Zubaidillah, SQ, M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran (STIQ) Amuntai
NIDN 2119089001