Focus Group Discussion Tentang Pelaksanaan Tahsin Tahfizh dan Amaliyah Keagamaan di 45 SDN se-Kabupaten Hulu Sungai Utara

Amuntai 22 Agustus 2022
Isu tentang brand image dan personal branding di lembaga pendidikan semakin menjadi pusat perhatian pemerhati pendidikan sekolah dan madrasah. Sekolah maupun madrasah semakin giat membuat berbagai kegiatan yang nantinya akan menjadi brand sekolah/madrasah dan menciptakan personal branding bagi siswa maupun guru.
Sebagai usaha untuk memenuhi kedua unsur tersebut, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai membuat kesepakatan kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan di 45 Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk secara langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Upaya penambahan kegiatan Tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan ini didasarkan atas pemenuhan dari harapan orangtua dari siswa/I di sekolah dasar, selain itu karakter masyarakat kabupaten Hulu Sungai Utara yang agamis maka diperlukan upaya-upaya penanaman karakter (personal branding) yang islami.
Husin, M.Pd sebagai utusan dari STIQ Rakha Amuntai yang menghadiri kegiatan tersebut menyatakan kesiapan STIQ Rakha Amuntai dalam memenuhi harapan yang diamanahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan berharap nantinya semua lembaga pendidikan di kabupaten Hulu Sungai Utara bisa memasukkan mata pelajaran tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan ke semua jenjang pendidikan.
Sebagai kesepakan awal dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara maka STIQ Rakha Amuntai akan merekrut 90 tenaga pengajar tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan yang berasal dari alumni maupun mahasiswa STIQ Rakha Amuntai yang nantinya akan mengikuti seleksi ketat dengan standar kompetensi yang diukur sesuai dengan kriteria tenaga tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak Ahadi Ilhami, Kasi Kurikulum Bapak Bahrudin, Ustadz Asfiannor, Ustadz M.Syihabuddin, Ustadzah Munawwarah dan perwakilan dari Kepala Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk sebagai sekolah tempat pelaksanaan kegiatan tahsin/tahfizh/dan amaliyah keagamaan.

About the Author

haris

Muh. Haris Zubaidillah, SQ, M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran (STIQ) Amuntai
NIDN 2119089001