292 views

VISITASI ASISMEN LAPANGAN PRODI PGMI

Amuntai, Jum’at, 2 Agustus 2019 merupakan hari yang penting bagi civitas akademika Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIQ Amuntai. Pada hari tersebut dilaksanakan visitasi dalam rangka asesmen lapangan akreditasi dari BAN-PT. Asesmen lapangan adalah tahap akhir penilaian dari serangkaian proses akreditasi. Dr. Fauzan, MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Fahrurrozi, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta ditugaskan dari BAN-PT untuk melaksanakan tugas menjadi asesor pada asesmen lapangan pada Program Studi PGMI STIQ Amuntai. Dr. Fahrurrozi, M.Pd adalah Ketua Asosiasi Dosen PGMI seluruh Indonesia sedangkan Dr. Fahrurrozi, M.Pd adalah ketua Dosen PGSD seluruh Inonesia sehingga kredibilitas penilaian akreditasi sungguh bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam sambutannya Wakil Ketua 1 STIQ Amuntai Dr. Abd. Hasib Salim, M.AP mengucapkan selamat datang kepada kedua asesor di Kota Amuntai Kota Bertaqwa seraya berdoa kunjungan mereka kali ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir.

Dalam sambutan asesor yang kali ini disampaikan oleh Dr. Fauzan, MA menegaskan bahwa kedatangan asesor jangan disamakan dengan kedatangannya para inspektorat dan BPK. Hal itu sangat jauh berbeda karena kedatangan asesor tidak lain dan tidak bukan hanya untuk konfirmasi data yang sudah di sampaikan melalui borang yang adi di SAPTO BAN-PT.

Wakil Ketua I STIQ Amuntai menyampaikan sambutan selamat          datang kepada asesor BAN-PT

Asesmen lapangan dimulai pukul 08.00 Wita kemudian dilanjutkan dengan validasi data di Fakultas lalu setelahnya validasi data di Program Studi. Proses akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT merupakan suatu proses penting untuk mengukur sejauh mana kinerja dan kredibilitas sebuah program studi, sehingga penilaian dari BAN-PT sangat menentukan reputasi dari suatu lembaga. Asesmen lapangan berakhir pada pukul 15.00 Wita yang diakhiri dengan rekomendasi asesor terhadap kekurangan dan kelebihan yang ada pada program studi. Rekomendasi yang disampaikan asesor Dr. Fauzan, MA adalah adanya penyusunan kembali mata kuliah di PGMI sehingga sesuai porsinya dengan yang ada di PGSD.

 

 

Asesor BAN-PT Dr. Fauzan, MA menyerahkan rekomendasi kepada Ketua Prodi PGMI STIQ Amuntai, Husin, M.Pd.
Foto bersama dengan asesor BAN-PT

Proses akreditasi diakhiri dengan foto bersama antara tim Pimpinan STIQ Amuntai, Ketua Program Studi PG    MI, dan Asesor serta dosen PGMI STIQ Amuntai. Semoga hasil dari visitasi akreditasi ini dapat hasil yang baik dan berkah untuk lembaga dan masyarakat. (HH)

About the Author

Avatar

hasan STIQ