Khataman Mahasiswa STIQ Amuntai 2015

  Khataman STIQ AMuntai
 

Minggu, 22 November 2015

Khataman Mahasiswa STIQ Amuntai dilaksanakan di Kec.Lampihong Kab.Balangan. Seperti biasa STIQ Amuntai selalu melaksanakan khataman disetiap tahunnya. Khataman seperti ini sendiri dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Atau di laksanakan pada setiap semester.

Adapun kegiatan Khataman STIQ Amuntai ini, pertama : Mahasiswa dibagi pada beberapa kelompok. Kemudian setiap kelompok tersebut di tempatkan di satu Masjid dan di beberapa langgar yang menjadi lokasi Khataman. Setiap kelompok terdiri dari Pembaca dan pendengar/penyimak. Al-Quran dibaca dengan tanpa melihat mushaf, atau dari kata lain membacanya dengan hafalan. Yang boleh melihat mushaf hanya mereka yang menjadi penyimak. Jadi ketika pembaca salah atau lupa hafalannya, maka yang menjadi penyimak akan member tahu. Begitu seterusnya. Setiap kelompok membaca sebanyak 6 juz dari al-Quran. Kemudian ketika kelompok mereka telah menyelesaikan tugas tersebut. Maka mereka diperintahkan menuju Masjid. Nah di Masjid ini semua kelompok akan berkumpul. Ini dinamakan acara inti.

Acara inti terdiri dari : Pembukaan, pembacaan ayat suci al-Quran, sambutan-sambutan (dari kordinator Tahfiz STIQ Amuntai dan dari penduduk setempat). Kemudian baru di lakukan khataman. Yang di bacakan oleh beberapa orang mahasiswa yang telah di pilih dan di ikuti oleh semua yang hadir. Seperti biasa khataman di lakukan dari surah Ad-dhuha s.d selesai. Kemudian acara terakhir adalah do’a dan di ikuti dengan makan bersama.

Kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan pada beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, khususnya dan pada beberapa Kabupaten tetangga lainnya.

Adapun untuk di Kabupaten Balangan sendiri, baru kali ini di laksanakan. Alhamdulillah, pada pengalaman yang telah di lewati. Kegiatan ini selalu di sambut baik oleh Masyarakat di kecamatan-kecamatan yang menjadi lokasi Khataman.

Berikut ini beberapa foto kegiatan yang dilaksanakan di balangan.

Foto Khataman (4)

Foto Khataman (8)

 

Foto Khataman (6)

 

Foto Khataman (2)

 

Foto Khataman (1)

 

Foto Khataman (3)

 

Khataman 123

 

Foto Khataman (7)

 

Foto Khataman (11)

Foto Khataman (10)

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR ANDA What is on your mind? Silahkan tulis di sini...

Back to Top